Sunday 2 October 2016

Lebih Dekat Mengenal Sosok Abu Bakar al Razi, Muslim Ilmuwan di Bidang Kedokteran


Abu Bakar Muhammad bin Zakaria al Razi atau dikenal sebagai Abuk Bakar al Razi atau Razhes di dunia Barat merupakan seorang sarjana terkemuka dalam dunia Islam di masa-masa awal. Al Razi dapat disebandingkan dengan Muslim ilmuwan lainnya seperti Ibnu Sina. Dalam menghasilkan karyanya, Razi terpengaruh oleh kajian Hipokrates dalam bidang kedokteran Yunani klasik.

Buku miliknya telah menjadi teks rujukan bagi mahasiswa kedokteran Islam dan eropa selama berabad-abad. Selain melahirkan buku, ia juga dikenal sebagai pengamat dan juga peneliti yang andal.

Al Razi sempat berkarier sebagai seorang dokter di istana Baghdad, Irak. Dari pengalaman selama praktiknya, ia juga menuliskannya menjadi sebuah buku.

Razi berhasil mempelopori betapa pentingnya riwayat catatan kesehatan pasien, membuat kemajuan dan gejala yang berbeda dari sebuah penyakit yang berbeda, termasuk dari dirinya sendiri.

Salah satu yang menjadi temuan terbesar Razi ialah perbedaan antara campak dan cacar. Melalui obervasi, ia menemukan bahwa keduanya merupakan penyakit yang berbeda yang disebabkan oleh radang kulit dan ruam.

Al Razi sendiri dilahirkan pada 854 CE di Teheran, Iran, dan meninggal dunia pada 932 CE di Rey, Iran.


Baca Artikel Lainnya : 

Tips Membuat Artikel Yang Berkualitas

Cara Membuat Meme Comic Seperti di 1 cak

comments

No comments: