Tuesday 30 August 2016

Benda benda yang harus di hancurkan agar tidak di pakai orang lain

Sedotan

Ilustrasi sedotan

Sedotan merupakan suatu alat untuk mentransfer minuman dari wadah ke si mulut peminum tersebut. Dengan demikian seharusnya sedotan hanya di pakai sekali saja dan tidak di gunakan lagi. Namun masih banyak oknum yang mengumpulkan sedotan bekas untuk di cuci lalu di jual kembali. Apakah kalian mau minum dengan sedotan bekas orang yang sudah pernah di pakai? tentu tidak, maka dari itu mulailah dari sekarang untuk menghancurkan sedotan yang sudah di pakai agar tidak bisa di kumpulkan dan di cuci kembali. Atau jika anda memiliki ide kreatif, sedotan bisa di jadikan sebagai bahan kerajinan tangan. Banyak kerajinan tangan yang memakai bahan dasar sedotan.
Seperti yang satu ini :

Penutup lampu dari sedotan

Kalung sedotan
Boneka mini dari sedotan

Gimana cukup menarik bukan? ternyata sedotan bisa di manfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan tangan. bagi anda yang memiliki jiwa kreatifitas tinggi tidaksalahnya kan untuk mencoba membuat kerjajinan tangan dari sedotan di tambah lagi hasil kerajinan tangan tersebut bisa di jual.

Styrofoam
Gambar Ilustrasi




Styrofoam yang memiliki nama lain polystyrene, begitu banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupannya sehari hari. Begitu Styrofoam diciptakan pun langsung marak digunakan di Indonesia. Banyak keunggulan pada styrofoam yang akan sangat menguntungkan bagi para penjual makanan seperti tidak mudah bocor, praktis dan ringan sudah pasti lebih disukai sebagai pembungkus makanan mereka. Mulai dari kotak makanan hingga helm sepeda, styrofoam selalu digunakan di mana-mana. Styrofoam mudah diidentifikasi dengan daur ulang nomor enam, dan merupakan nama merek dagang dari Expanded Polystyrene (EPS). Bahan ini umumnya digunakan dalam kemasan makanan dan pengiriman. EPS murah diproduksi, ringan, dan tidak mungkin untuk rusak secara alami dari waktu ke waktu, dan ini semua membuat masalah besar bagi tempat pembuangan sampah. Bahkan kita tidak dapat dalam satu hari saja tidak menggunakan bahan polimer sintetik. Dengan demikian maka banyak para penjual makanan yang mengumpulkan styrofoam yang masih utuh dari tong sampah untuk di cuci kembali dan bisa di pakai lagi sebagai wadah untuk menjual makanan yang mereka jual. Kita juga bisa mendaur ulang sampah styrofoam yang di sebut sebut sebagai sampah yang sulit di urai, bahkan ada yang mengatakan untuk mengurai sampai styrofoam butuh waktu lebih dari 100 tahun.

Berikut cara untuk mendaur ulang sampah styrofoam :

1. Temukan tempat pengumpulan Styrofoam di wilayah Anda. 
Hubungi program daur ulang setempat untuk mencari tahu tentang program daur ulang styrofoam atau situs pengumpulan di wilayah Anda. Karena styrofoam harus didaur ulang di fasilitas khusus, Anda harus mencari lokasi pengumpulan dan bukan menyiapkannya dengan proses daur ulang biasa

2. Bawalah styrofoam ke Publix. 
Di seluruh Amerika Selatan, rantai toko kelontong Publix umumnya sering menyediakan tempat pengumpulan styrofoam, sehingga membuatnya pilihan yang dapat diandalkan di banyak wilayah. Untuk wilayah lain, cari tahu apakah toko, pusat daur ulang, dan zona komersial lainnya memiliki pengumpulan styrofoam yang disiapkan untuk daur ulang.

3. Siapkan program setempat Anda sendiri. 
Jika mendaur ulang EPS adalah hal yang sangat sulit ditemukan di wilayah Anda, jalankan program Anda sendiri sebagai pemilik bisnis atau konsumen untuk membawa perubahan bagi komunitas Anda. Pilihan terbaik adalah bekerja sama dengan perusahaan daur ulang seperti AFPR untuk layanan angkut, terutama jika Anda bekerja untuk bisnis yang menerima banyak EPS, atau jika Anda dapat mengumpulkan banyak EPS untuk membuatnya lebih mudah dikoordinasikan. Tanyakan tempat angkutan yang mudah dijangkau apabila Anda dapat memberikan EPS dalam jumlah besar.

Plastik untuk wadah makanan/minuman

Gambar Ilustrasi

Jus murah, es teh, cilok, cimol, pentol, batagor dan semacamnya biasanya menggunakan plastik serupa. Bukan tidak mungkin plastik itu dicuci dan dipakai lagi oleh pihak tak bertanggung jawab. 
Cegah hal tersebut dengan membuat plastik itu sekusut mungkin atau bisa juga dengan disobek dan digunting.

Sendok atau garpu plastik

Gambar Ilustrasi



Sendok dan garpu plastik yang tidak dianjurkan untuk dipakai ulang memang sudah sewajarnya dihancurkan saja. Gak usah merasa sayang kemudian kamu bersihkan atau kamu simpan, karena alat makan plastik sekali pakai itu tidak baik untuk kesehatan anda jika digunakan lagi.

Tusuk Sate, Batagor, Cilok, Cimol

Gambar Ilustrasi
Betapa nikmatnya cara makan jajan ala anak sekolahan yang direndam aneka saos atau bumbu kemudian diambil dengan cara ditusuk. Tidak harus jajanan di pinggir jalan atau sekolah, bahkan jajanan di dalam mall seperti daging fillet tusuk berbumbu ataupun takoyaki juga menggunakan tusukan ini. Begitu selesai makan, pastikan anda langsung patahkan tuh penusuknya.


Botol Minum dan Gelas Plastik
Gambar Ilustrasi

Banyak kampanye di media yang sudah menyosialisasikan peremukan botol dan gelas plastik. Begitu sudah selesai pakai, langsung hancurkan dengan memelintir ataupun meremasnya hingga kusut. Kurangi kebiasaan meledakkan botol/gelas plastik dengan menginjaknya di lantai secara cepat, bisa bikin orang syok bahkan sampai latah.





comments

No comments: