Tuesday 28 October 2014

Menkominfo Tantang Operator Hadirkan 4G LTE

Menkominfo Tantang Operator Hadirkan 4G LTE

JJAKARTA - Hari ini atau Selasa (28/10/2014), salah satu operator telekomunikasi, PT XL Axiata (XL) meluncurkan layanan real mobile 4G-LTE terbatas (indoor), sebagai bagian dari percobaan atau trial untuk para pelanggan XL. Untuk tahap awal, layanan ini bisa dinikmati di lima lokasi di Jakarta, antara lain pusat perbelanjaan Kota Kasablanca dan Centrak Park serta lokasi lainnya, yakni Euphoria Lounge Menara Prima, XL Xplor Senayan City, XL Xplor Central Park serta Graha XL.
Event yang juga dihadiri mitra operator ini juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Ia menyaksikan secara langsung layanan real mobile 4G-LTE yang menyediakan akses internet hingga kecepatan 100 Mbps.
Rudiantara yang sempat menjabat Direktur Corporate Affair XL sejak masuk di XL pada 2006 hingga 2008 menantang operator telekomunikasi lain untuk menggelar 4G-LTE. "Tahun 2005, XL juga melakukan hal yang sama pada jaringan 3G. Hari ini, dilakukan tes, yang pasti saya tidak meresmikan. Secara pribadi, saya menyambut baik inisiatif dari teman-teman XL, bahkan saya menantang operator lain," kata Rudiantara di Jakarta.
Ia mengatakan, para operator yang berlomba untuk menyediakan jaringan 4G LTE itu baik selama tujuannya untuk mendukung kebutuhan masyarakat. "Berlomba itu baik, apalagi dengan pemerintah yang baru sekarang, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas," tuturnya.
Lebih lanjut ia mengungkapkan pemerintah mendukung adanya event-event seperti uji coba 4G. Ia juga mengingatkan bahwa operator tetap memiliki aturan main, karena industri telekomunikasi itu erat kaitannya dengan tiga poin penting seperti, heavy regulated, capital-intensive, technology-intensive.
"Agar bisa berjalan regulasi harus di tata. Hasil dilaporkan, akan menjadi pegangan teman-teman di Kominfo. LTE adalah keniscayaan yang tidak bisa tidak, hanya masalahnya timing. Jangan lupa, kabinet sekarang ini orientasinya kepada rakyat, (mendukung) efisiensi industri. Apa yang bisa dilakukan operator untuk efisiensi industri, lakukan secepatnya. Itu kita kontribusikan kepada rakyat, kepada bangsa Indonesia," terangnya.
comments

No comments: