Wednesday 17 September 2014

CERPEN MOTIVASI

Assalamualikum sobat blogger kali ini ane mau ngasih cerpen(cerita pendek) yang ane alami pada saat waktu SMP. ini cerpen buatan asli ane.jadi jika sobat blogger ingin mengcopas silahkan 
tetapi mohon tetap menyertakan nama penulis :) 
Langsung aja gan 


Penyesalan
Penulis : Agung Tri Atmaja
            Hari ini adalah hari pertama Riki masuk sekolah kelas VII SMP ternama di kota jakarta,ia mendapatkan SMP ternama dengan cara bekerja keras dan giat belajar pada saat di bangku sekolah dasar.
Riki berkenalan dengan teman sebangkunya.
R : Riki
A : Ananta
R : “weh sob  nama lu siapa?” ucap riki.
A : ”nama gue Ananta Sahadi,nama lu      siapa?”
R : “nama gue Riki hadi,Salam kenal ya sob”
A : “oke salam kenal juga”
            kini riki berkenalan dengan teman sebangkunya dan banyak teman lainnya ia berkenalan dan di antaranya iala Farhan,Putra dan thomas dan kita menjadi teman baik.Dari keempat temannya Riki dan Farhan gemar sekali yang namanya bermain game.riki di sekolah selalu bersama teman sebangkunya yang bernama Ananta.Ananta merupakan anak yang rajin belajar dan tergolong pintar di kelasnya di banding Riki.
            Keluarga riki tergolong keluarga yang berkecukupan.Pak Sukirman merupakan  kepala sekolah di sebuah SMA di kecamatannya,bu Etik guru di sekolah dasar.untuk kakak pertamanya sekarang sudah selesai kuliah S1 dan sekang mengajar di salah satu sekolah dasar dekat rumahnya.Sedangkan kakak keduanya sedang menempuh semester akhir di fakultas kedokteran.
            Riki sendiri merupakan anak yang penurut,baik,sopan santun dan rajin belajar tetapi ia sering sekali bermain game.Riki seorang yang rajin ibadah,mengerti sekali tentang ilmu agama.dan ia pun selalu mengingat akan kewajibanya yaitu sholat 5 waktu.Riki paling senang dengan Pelajaran Agama islam alasannya karena dari kecil ia sudah di ajarkan ilmu ilmu agama oleh orang tuanya.Dan riki sangat sekali tidak suka Pelajaran Matematika karena riki anak yang tidak suka untuk menghitung.
“kriingggg”bunyi bel istirahat pun terdengar.Riki mengajak teman sebangkunya untuk pergi ke kanti dan membeli makanan
“ta ke kantin yuk,beli makanan”
“ayo ki kebetulan gue juga laper nih”
Riki dan ananta pun ke kantin untuk membeli makanan dan memakannya.
setelah riki dan ananta makan di kantin ia berdua bergegas untuk kembali ke kelasnya.
“kringgg” bel insirahat pun telah selesai.
            kini saatnya pelajaran Agama islam,pelajaran yang Riki sukai.Setiap ada pertanyaan dari gurunya,Riki yang selalu menjawab,nilai nilai latihan & ulangan riki pun selalu bagus.
            setelah pulang sekolah,Riki di ajak temannya Farhan untuk bermain Game di salah satu warung internet(Warnet) dekat sekolahnya.Riki pun menerima ajakan dari temannya farhan.
“Ki main Warnet yuk”
“Ayo,tpi jangan lama lama yak”
“iya santai aja”
            setelah kenal dekat dengan Farhan hari demi hari Riki pun sering bermain game ke warung internet(Warnet) sampai ia kelas 3 SMP.Riki dan Farhan selalu sekelas dari kelas 1 SMP sampai kelas 3 SMP.
Di saat teman temannya memikirkan Ujian Nasional dan mencari belajar tambahan seperti LES. Riki dan farhan menghiraukan itu dan bersantai santai saja.
Pada hari Senin-kamis  tgl 22-25 April 2013 Riki dan teman temannya menghadapi Ujian Nasional.Ada beberapa soal yang riki tidak bisa kerjan di karenakan ia sering bermain game.
Riki menyesali perbuatannya itu yang sering bermain game.ia jadi tidak bisa mengerjakan soalnya.
2 bulan berlalu setelah Ujian Nasional.Kini saatnya pengumuman hasil Ujian Nasional.Setelah riki melihat hasil Ujian Nasionalnya ternya nilai Riki kurang memuaskan di bandingan teman temannya.
“Ki nilai lu gimana bagus ga”ucap temannya Riki yang bernama Ananta.
“Nilai gue jelek ta,kayaknya gue gak bisa masuk SMA negeri deh”
“yah gimana sih lu,lu sering main game sih..gak papa ki SMA mah mana aja mau negri mau swasta yang penting tergantung lu nya juga”
“iya juga sih ta”
Setelah pengumuman hasil Ujian Nasional di sekolahnya Riki pun langsung bergegas pulang.
“Assalamualikum,aku pulang bu...”
“Waalikum salam,gimana nak Nilai ujiannya nasionalnya....? bagus atau tidak?
setelah ibu menanyakan nilai Ujian Nasional nya Riki pun langsung tertunduk dan wajahnya pun keliatan murung.
“Kamu kenapa nak?kok di tanya malah diam saja?”
“Nilai Ujian Nasional Riki jelek bu...”
“kamu sih sering bermain game terus..kalau ibu suruh belajar kamu gak mau”
“iya bu maaf,riki menyesal bu kerena sering bermain game terus”
“iya sudah Ibu maafkan tapi lain kali kamu jangan bermain game terus,tugas kamu sebagai pelajar itu belajar bukan bermain game agar kamu kelak menjadi orang yang berguna suatu saat nanti”
“iyaa... bu maaf”
Riki mencoba mendaftar di SMA negeri dekat rumahnya.tetapi nilainya tidak cukup untuk memasuki SMA Negeri tersebut.Nilai riki hampir sedikit lagi bisa memenuhi syarat untuk masuk SMA negeri.
            Hari demi hari riki sangat terpukul karena tidak bisa masuk di SMA Negeri.Riki yang kini sering ceria sekarang tampak murung dan sangat menyesal tidak bisa masuk ke SMA Negeri karena ia sering mengabaikan belajar dan memilih bermain game.
            Ibunya mendaftarkan riki di SMA Swasta yang lumayan terkenal di jakarta.Sekolah yang menjunjung tinggi nilai keagamaan.
“udah nak ga papa kalau kamu tidak bisa masuk di SMA Negeri,gak usah di sesali.Toh kamu masuk SMA Swasta yang ibu daftar kan itu lumayan bagus juga di banding SMA Swasta lainnya.kan kamu bisa mendapat pelajaran agama yang lebih dalam lagi”.
“iya..bu Riki ngerti”
kini Riki telah bersekolah di SMA swasta yang cukup terkenal di kecamatannya.Dalam hati kecil nya riki bertekat untuk mengubah kebiasaan bermain game nya untuk di kurangi dan fokus untuk belajar.Hari hari Riki tidak seperti biasanya yang selalu bermain game.Sekarang Riki menjadi siswa yang Rajin untuk belajar seperti pada saat SD dahulu dan mengikuti belajar tambahan seperti LES.


comments

No comments: